Akreditasi merupakan salah satu instrumen penting dalam penilaian kualitas perguruan tinggi. Untuk itu diperlukan pengembangan sistem yang dapat menunjang penilaian ini agar sesuai dengan yang diharapkan. Melalui sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 diharapkan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dapat menyesuaikan persiapan akreditasinya sesuai dengan pedoman IAPS 4.0.

Sesuai dengan Permenristekdikti No 32/2016, BAN-PT mengembangkan instrumen akreditasi yang relevan dengan pengembangan sektor pendidikan tinggi di Indonesia dan mengikuti perkembangan global. Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) harus disusun berdasarkan:

  1. jenis pendidikan, yaitu vokasi, akademik, profesi;
  2. program pendidikan, yaitu program diploma, sarjana, sarjana terapan, magister, magister terapan, profesi, spesialis, doktor, dan doktor terapan;
  3. modus pembelajaran, yaitu tatap muka dan jarak jauh; dan
  4. hal-hal khusus.

Universitas Mulia melalui perwakilannya Bpk. Vidy, S.S., M.Si dan Bpk. Gunawan, S.T., M.T telah ikut serta menghadiri sosialisasi ini yang dilaksanakan pada tanggal 21-23 Maret 2019 yang bertempat di Swiss-bellHotel Balikpapan.